Pemasaran
Pemasaran
tidak hanya mengenai penjualan, pemasangan iklan, atau memajang produk
di etalase saja, pemasaran merupakan suatu proses yang utuh tentang
kemampuan menawarkan barang atau jasa, tepat pada waktu yang tepat dan
lokasi yang tepat pula. Pemasaran bertitik tolak pada kebutuhan pembeli
yang belum terpenuhi yang berkaitan dengan barang, harga, kualitas, dan
lain sebagainya.
Anda dapat dikatakan berhasil dalam melakukan upaya pemasaran apabila telah menghasilkan dua hal berikut :
1. Pembeli melakukan pembelian ulang
2. Pembeli merekomendasikan produk ke Orang lain
Dibawah ini beberapa teknik yang akan membantu anda dalam melakukan pengenalan pasar, yaitu :
1. Mengelompokan Pasar
Hal
terpenting dalam memasarkan barang atau jasa adalah mengetahui siapa
pembeli dan apa yang mereka butuhkan, bukan membuat barang atau jasa
terlebih dahulu lalu menunggu pembeli datang. Beberapa pengelompokan
pembeli yang dapat dilakukan, antara lain berdasarkan :
- Lokasi tempat tinggal
- Jenis Kelompok
- Demografis
- Psikologis
- Jumlah yang dibeli
2. Masa Peredaran Barang dan Jasa
Semua
barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen memiliki siklus
hidupnya masing masing. Tahapan tersebut dimulai dari tahap perkenalan,
tahap pertumbuhan, tahap kematangan, dan diakhiri dengan tahan
penurunan.
Apabila mengetahui masa peredaran suatu barang atau jasa, maka kita akan :
a. Mempercepat atau memperlambat tahapan-tahapan
b. Mengetahui masa edar dan siklus hidup yang dimiliki
c. Mengetahui layak atau tidaknya masuk dalam usaha baru.
3. Analisa swot
Analisis
yang dikenal dengan sebutan analisis kekuatan – Kelemahan – Peluang –
Ancaman adalah sangat penting untuk mengetahui posisi usaha yang
dijalankan saat ini.
Menentukan Strategi Pemasaran
Setelah
kita melakukan analisis SWOT, maka selanjutnya kita perlu menyusun
strategi pemasaran. Strategi Pemasaran adalah suatu cara yang digunakan
untuk membantu kita membuat barang dan jasa yang sesuai dengan kondisi
perusahaan dan pasar target atau selera konsumen yang dituju.
Menentukan Alat Pemasaran
Alat
pemasaran yang dimaksud disini lebih kita kenal dengan sebutan bauran
pemasaran ( Marketing mix ), yaitu gabungan atau pengunaan kombinasi
unsur – unsur seperti produk, harga, promosi dan sebagainya yang diolah
sedemikian rupa sehingga menghasilkan komposisi yang ideal, sesuai
dengan kondisi sasaran pembeli.
Menyusun Rencana Pemasaran
Rencana
pemasaran harus disusun secara sistematis, namun kualitasnya sangat
bergantung pada pembuatnya dan tentu akan lebih baik jika melibatkan
pihak – pihak yang terkait langsung dengan proses pemasaran.
Sumber : Suharyadi,dkk. Kewirausahaan membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda.2008.Jakarta : Salemba Empat
0 komentar:
Posting Komentar