Rabu, 25 Juli 2012

HSBC


HSBC Holdings PLC (NYSE: HBC, LSE: HSBA, SEHK: 005, Euronext: HSBC), adalah salah satu grup perbankan terbesar di dunia. HSBC bermarkas di London, dengan kantor pusat di Menara HSBC, London, sebuah bagian dari pengembangan Canary Wharf di London Docklands. Anggota pendirinya adalah The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited, sebuah bank yang dibentuk oleh orang Skotlandia - Thomas Sutherland - untuk membiayai perdagangan di Timur Jauh di 1865.

Simbol segi enam pada awalnya diadopsi oleh The Hongkong and Shanghai Banking Corporation sebagai logo pada tahun 1983. Ini dikembangkan dari bendera rumah bank, persegi panjang putih dibagi secara diagonal untuk menghasilkan bentuk jam pasir merah. Seperti banyak bendera lain perusahaan Hong Kong yang berasal dari abad ke-19, dan karena kebangsaan pendirinya, desain tersebut berdasarkan salib dari Saint Andrew.

Logo ini dirancang oleh seniman grafis Henry Steiner. Henry Steiner adalah seorang desainer grafis terkenal di dunia terkenal karena desain perusahaannya identitas. Dia telah menciptakan desain untuk beberapa merek yang paling dapat diidentifikasi, seperti IBM, Hyatt Regency, Hilton Hotel, Dow Jones, HSBC, Standard Chartered, Unilever, dan diberikan kehormatan untuk merancang catatan bank citys 'oleh pemerintah Hong Kong. Steiner dididik di Yale Sorbonne dan di (mana ia belajar dengan Paul Rand). Pada tahun 1964, ia mendirikan Steiner & Co, salah satu konsultan terkemuka di dunia merek.Henry Steiner merintis ekspresi identitas melalui branding, terutama di Asia di mana keterampilan untuk menggabungkan simbol budaya Timur ke dalam desain Barat telah mengumpulkan pengakuan internasional. Steiner yang termasuk dalam daftar Icograda dari Masters abad ke-20 tahun 2002, dan diangkat menjadi Guru Dunia oleh majalah Idea.

Dalam sepak bola HSBC mensponsori klub Prancis AS Monaco dan klub Meksiko CF Pachuca, dan di liga rugby, HSBC mensponsori Raiders Telford dalam Konferensi Liga Rugby. Di Australia, HSBC mensponsori New South Wales Waratahs tim rugby di kompetisi super rugby Rugby union, serta Football Club Hawthorn di Liga Sepakbola Australia.
Sponsor lain HSBC terutama di bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan. Pada bulan November 2006, HSBC mengumumkan kemitraan $ 5 juta dengan Anak-anak SOS sebagai bagian dari Masa Depan Pertama.
Di Indonesia, HSBC mulai hadir di Jakarta pada tahun 1884, sehingga merupakan salah satu bank tertua di Indonesia.HSBC (The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited) merupakan salah satu bank asing yang ikut memasarkan kartu kredit di Indonesia. Bank yang didirikan oleh orang Skotlandia (1865) untuk wilayah Timur Jauh, saat ini sudah berkantor pusat di London. Sebelumnya di tahun 1990-an masih berkantor pusat di Hongkong. Dan untuk jasa perbankan di Indonesia itu sendiri konon HSBC sudah ada sejak 1884 untuk melayani perdagangan komoditas seperti gula, dsb. Dengan demikian HSBC menjadi salah satu bank tertua di Indonesia bahkan mengalahkan Bank BRI. Sudah pasti waktu dulu bukan bisnis kartu kredit karena masih zaman kolonial penjajahan. 


Sumber  :
http://www.lintas.me/article/armhando.com/fakta-rahasia-sejarah-kelam-bank-hsbc
http://www.hsbc.co.id/1/2/miscellaneous_in_ID
http://www.logosdesigners.com/#henry-steiner

0 komentar:

Posting Komentar